PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Riau

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Riau

Gelar Teknologi Pertanian dan Temu Teknis Penyuluh Pertanian




 Gelar Teknologi Pertanian dan Temu Teknis Penyuluh Pertanian

 
Mamuju, 12 Desember 2022
 
Tim BPTP Sulawesi Barat menghadiri kegiatan Gelar Teknologi Pertanian dan Temu Teknis Penyuluh Pertanian yang diselenggarakan oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Sulawesi Barat di Aula Wisma Mala'bi. Peserta kegiatan tersebut merupakan Koordinator Penyuluh Pertanian se Provinsi Sulawesi Barat.
 
Pada kegiatan tersebut tenaga Penyuluh Pertanian BPTP Sulbar menjadi narasumber, yaitu Marthen P. Sirappa menyampaikan materi tentang “Pemanfaatan Peta Kesesuaian Lahan dan Katam Terpadu untuk Pajale di Sulawesi Barat”, Religius Heryanto menyampaikan materi tentang “Pengenalan VUB Padi dan Rekomendasi Varietas Berdasarkan Cekaman di Sulawesi Barat”, serta Marwayanti Nas menyampaikan materi tentang “Standar Mutu Komoditas Tanaman Pangan”.
 
Selanjutnya dalam sesi diskusi ada beberapa hal yang menarik dan menjadi pembahasan, seperti kesesuaian lahan dalam budidaya pertanian, pemanfaatan bahan pembenah tanah, penggunaan pupuk organik untuk memperbaiki sifat (fisik, biologi, kimia) tanah, penerapan konsep pertanian berkelanjutan dengan integrasi pertanian dan peternakan. Selanjutnya penggunaan varietas unggul baru (VUB) padi yang sudah dirilis oleh Kementerian Pertanian sesuai dengan agroekosistemnya, pemurnian dan pelepasan varietas lokal seperti yang banyak di Kabupaten Mamasa, serta perlunya peningkatan standar mutu untuk produk Pertanian sebagai upaya menembus pasar internasional.
 
Pelaksanaan kegiatan temu teknis ini Harapannya dapat memberi tambahan informasi terkait penggunaan teknologi dan standar mutu kepada Penyuluh Pertanian di Sulawesi Barat dalam menghadapi tantangan pertanian di lapangan.